- Back to Home »
- Prinsip Utama Mendesain Antar Muka (Interfaces)
Posted by : hendriprahastomo
Kamis, 26 Maret 2020
Ada 16 Prinsip Utama Mendesain Antar Muka (Interfaces):
1. User Compatibility
Yaitu
seorang desainer tidak boleh membuat / merancang interface untuk dirinya
sendiri, karena pada dasarnya system diciptakan untuk kebutuhan user yang lebih
dari 1 orang dan berlatar belakang yang berbeda.
2. Product Compatibility
Sebuah aplikasi harus
sesuai dengan aslinya agar mendapatkan informasi yang detail dan akurat di
bandingkan dengan manualnya.
3. Task Compatibility
Interface harus bisa
membantu dan memudahkan user dalam menyelesaikan tugasnya.
4. Work Flow Compatibility
Sebuah aplikasi seharusnya
mengadopsi sistem manualnya dan didalamnya terdapat runtutan kerja dalam
menyelesaikan pekerjaan, Agar user tidak kesulitan
saat menggunakannya dan jangan menambahkan menu-menu terlalu banyak karena
dapat membuat user menjadi bingung.
5. Consistency
Sebuah sistem harus sesuai
dengan sistem nyata serta sesuai dengan produk yang dihasilkan oleh karena itu
desainer harus memperhatikan hal-hal yang bersifat konsisten pada saat
merancang interface.
6. Familiarity
Sebisa mungkin desain
interface di buat pada umumnya dari tata letak maupun modelnya agar membantu
user untuk cepat beradaptasi dengan system.
7. Simplicity
Kesederhanaan perlu
diperhatikan dalam membangun sebuah interface karena user lebih senang dengan
hal yang sederhana tetapi berbobot.
8. Direct Manipulation
Sistem harus mempunyai
media atau tools yang dapat merubah interface sesuai keinginan user. Supaya
user tidak merasa bosan dengan tampilan yang monoton.
9. Control
Sistem harus bisa mengatasi
pada saat user melakukan kesalahan.
10. WYSIWYG (What You See Is
What You Get)
Apa yang didapat adalah apa
yang dilihatnya.
11. Flexibility
Sistem harus menyediakan
berbagai solusi pada saat menyelesaikan masalah.
12. Responsiveness
Sistem harus mempunyai
respon yang baik karena pada dasarnya sifat manusia tidak mau menunggu.
13. Invisible Technology
Hendaknya sistem yang
dibuat memiliki kelebihan yang tersembunyi. Bisa saja kelebihan itu berhubungan
dengan sistem yang melingkupinya.
14. Robustness
Interaksi manusia dengan
komputer yang baik dapat
berupa frase-frase menu atau error handling yang baik dan sopan.
15. Protection
User dapat merasa nyaman
dan aman ketika melakukan kesalahan.
16. Easy of learning & ease of use
Kemudahan dalam
mengoprasikan perangkat lunak, Kemudahan dalam memahami
icon, menu, dsb. Sehingga hanya dengan memandangi atau belejar beberapa jam
saja user sudah bisa memahaminya.